5 Pilihan SmartPhone Terbaik Dengan Harga Kelas Menengah



Banyak dari mereka mencari-cari smartphone mana yang terbaik untuk dibeli. Namun, sayangnya tidak semua mampu membeli smartphone tersebut dengan alasan terbatasnya dana.
Ilustrasi: By Google
Untungya, produsen smartphone dunia seperti Samsung, Nokia, HTC, hingga Sony menyadari hal ini. Mereka pun turut mengeluarkan smartphone kelas menengah, dengan performa ciamik namun tetap tidak menguras kantong pembeli.

Hanya saja, diperlukan ketelitian dalam memilih smartphone dengan kategori best value ini. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya tawaran dalam kategori smartphone ini.

lalu, apa saja smartphone terbaik dengan harga murah yang layak dibeli? Berikut lima di antaranya yang disadur dari Phone Arena:


1. Samsung Galaxy Grand

Galaxy Grand menduduki peringkat teratas untuk smartphone terbaik dengan harga terjangkau. Hal ini dikarenakan dukungan OS Androidnya yang mampu menjangkau JellyBean 4.1.2 dan memiliki layar selebar 5 inci.

Hal ini semua membuat galaxy Grand mirip dengan smartphone high-end keluaran Samsung lainnya. Meski begitu, banyak juga aspek yang membedakan Galaxy Grand dengan perangkat kelas atas Samsung.

Di antaranya, adalah penggunaan layar non HD dan tanpa resolusi tinggi. Jadi, meskipun layarnya 5 inci, kerapatan pixel yang didukung hanya sampai 186dpi saja.
Kabar baiknya, perangkat ini sudah didukung oleh OS Jelly Bean. Selain itu, dilengkapi pula kamera sebesar 8-megapixel di bagian belakang.

Di Indonesia, Galaxy Grand sudah tersedia mulai dari gerai resmi Samsung hingga retailer kecil. Harga yang ditawarkan berkisar pada angka Rp. 3,8 juta per unit.

2. Samsung Galaxy SIII Mini

Samsung Galaxy SIII Mini adalah versi yang lebih kecil dari smartphone high-end terlaris Samsung, Galaxy SIII. Ini merupakan pengembangan dari Galaxy S III namun dengan ukuran yang lebih enak untuk dibawa ke mana-mana.

Handset ini berukuran 121.55 x63x 9.9 mm dengan bobot 111.5 kg. Dengan ukurannya tersebut, Samsung Galaxy S III terasa nyaman dan ringan untuk dipegang jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S III.

Namun, karena ukurannya lebih kecil, fitur yang dimiliki Galaxy S III Mini ini juga tidak bisa menyaingi Galaxy S III. Jika Galaxy S III memiliki prosesor quad core, Galaxy S III mini hanya dibekali dengan processor dual core.

Di Indonesia, perangkat ini sudah tersedia sejak pertengahan Januari lalu. Harga yang dipasang Samsung untuk perangkat ini adalah Rp 3,2 juta per unit.

3. HTC One SV

HTC One SV merupakan smartphone mid-end buatan HTC dengan mengusung layar sebesar 4,3 inci. Meskipun masih kalah dari HTC One, One SV ternyata juga memiliki spesifikasi yang bisa disejajarkan dengan smartphone kelas atas lainnya.

Beberapa di antaranya adalah pemberian prosesor dual core Qualcomm Snapdragon S4. Selain itu, dipersenjatai pula dengan teknologi NFC dan 4G LTE yang merupakan koneksi terbaru untuk smartphone di dunia.

Sayangnya, sama seperti penyakit smartphone mid-end kebanyakan, One SV juga tidak dilengkapi layar beresolusi tinggi. Tercatat, kerapatan pixel-nya hanya sebesar 217 dpi.

Sayangnya, belum ada kabar apakah perangkat ini turut dijual pula di Indonesia. Di Singapura sendiri, perangkat ini dihargai Rp 5,5 juta, mahal jika dikategorikan dalam smartphone best value.

4. HTC Desire X

Satu lagi smartphone kelas menengah dari HTC dengan nama Desire X. Pada perangkat ini, perbedaan mencolok dengan One SV hanya nampak pada penggunaan teknologi koneksinya saja.

Desire X menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Play MSM8225 dual core. Selain itu, dilengkapi pula dengan OS Android versi 4.0 ICS.

Lebar layar smartphone ini sama dengan perangkat kebanyakan, hanya 4 inci. Sehingga, tidak ada yang istimewa dari smartphone ini.

Di Indonesia, saat ini per unit Desire X dibanderol Rp 3 jutaan. Sayangnya, dengan harga ini, Desire X masih kalah bersaing dengan Galaxy SIII Mini maupun Galaxy Grand.

5. Nokia Lumia 820

Untuk perangkat satu ini bisa dibilang merupakan salah satu karya terbaik dari Nokia. Dengan dukungan teknologi terkini dan harga terjangkau, smartphone ini memang dipersiapkan untuk menjajah pasar kelas mid-end.

Lumia 820 memiliki layar 4,3 inci dengan resolusi 800x480 pixel. Sedangkan 'otak' di dalamnya Lumia 820 menggunakan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon S4 berkecepatan 1,5 GHz dengan RAM 1GB. Kapasitas memory internal Lumia 820 hanya 8 GB, tetapi bisa diekspansi dengan microSD hingga 64 GB.

Di Indonesia, perangkat ini pernah dijual hanya seharga Rp 3,5 juta per unit. Hanya saja, melihat besarnya minat terhadap Windows Phone ini, harganya sekarang masih bertahan di kisaran Rp 5 jutaan per unit.



Source:  merdeka.com
First